Kunjungi Toko Kami di http://createdbeauty-skincare.com

Menggali lebih dalam SKINCARE KOREA




















Booming skincare korea pada akhirnya membuat banyak orang bertanya-tanya dari sekian banyak brand keluaran korea, brand manakah yang terbaik? Beberapa customer sering kali juga bertanya, "bagusan mana History of Whoo sama Sulwhasoo?", atau pertanyaan semacam "bole gak skincare Whoo ditimpa sama BB creamnya Etude?" Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut saya melihat ternyata pengetahuan costumer akan produk skincare korea masih sangatlah minim.

Artikel ini saya tulis untuk membuka wawasan lebih tentang skincare dan brand kecantikan korea, disamping juga memberi gambaran sebenarnya mengenai bagaimana brand-brand korea membangun kualitas dan menentukan segmentasi pasarnya.

Beberapa brand-brand terkenal seperti Etude House, Skin Food, Innisfree, Face Shop, Ohui, HERA, Sulwhasoo, hingga History of Whoo menjajaki pasarnya masing-masing dengan kualitas dan segmentasi yang berbeda, penyuka skincare mungkin dengan mudah tertarik akan manfaat dan hasil yang ditawarkan oleh masing-masing brand. Awal mula ketika skincare korea mulai booming di indonesia, Etude House menjadi brand yang sangat terkenal karena kesan girly natural yang ditawarkan dalam setiap produknya. Dengan populeritas Etude yang dengan cepat menyebar luas pada akhirnya membentuk suatu persepsi di antara pencinta kosmetik bahwa Etude House-lah brand skincare terbaik dari korea. Sayangnya pendapat ini tidak sepenuhnya benar, dikarenakan brand yang terkenal hingga sampai ke Indonesia belum tentu juga menjadi yang terbaik di negara asalnya :)

Bila dilihat secara umum industri kecantikan di korea berkembang dengan sangat pesat, begitu pula dengan seiring bermunculannya puluhan brand kecantikan asal korea yang mulai dikenal di dunia internasional. Mulai dari kosmetik, skincare hingga produk perawatan tubuh kini menjadi primadona yang banyak dibicarakan konsumen, tidak hanya inovatif produk-produk asal korea juga menjanjikan manfaat lebih yang mampu menghaluskan kulit, menyempurnakan penampilan, menutupi dan mengatasi permasalahan, di samping juga tetap merawat keindahan kulit menjadi lebih sempurna. Berbagai brand dari produk perawatan kulit tersebut bahkan menjanjikan suatu penampilan kulit yang lebih baik, cantik alami dan tampak awet muda hingga kelak ketika usia telah mulai menua. Hal ini tentunya menjadi dambaan bagi setiap wanita yang menginginkan penampilan untuk terlihat awet muda dan menarik hingga di masa tuanya.

Di antara kita mungkin memang tak banyak yang mengetahui seperti apa perputaran bisnis skincare di korea, siapa saja yang bermain di dalamnya dan brand-brand apa saja yang menjadi brand ternama di Korea. Hal ini sangat menarik untuk digali lebih lanjut dan dengan mengetahui kualitas disamping juga karakteristik dari setiap brand kita dapat menentukan mana produk yang sesuai untuk kulit kita. Sebelum kita masuk membahas tentang brand, terlebih dahulu saya akan membahas tentang perusahaan yang menjadi produsen dan industri skincare yang berjalan di korea.   


The Company

Industri skincare di korea mulanya besar oleh kiprah sebuah perusahaan raksasa bernama Amore Pacific. Amore Pacific Corporation berdiri sejak tahun 1945 yang merupakan perusahaan keluarga yang bergerak di bidang produk perawatan kesehatan dan kecantikan. Perusahaan ini kini telah menjadi salah satu perusahaan kosmetik terbesar di Asis dan mengeluarkan banyak brand ternama ternama seperti Etude House yang menjadi brand terpopuler di Indonesia.
Selain Etude House, perusahaan ini juga memiliki puluhan brand lain dengan karakteristik, klasifikasi dan segmentasi pasar yang berbeda di mana setiap brand ditujukan bagi kelas dan kebutuhan konsumen yang berbeda pula.
Berikut ini adalah pengelompokan beberapa brand dalam Amore Pacific berdasarkan segmentasi pasar serta kualitas
produk yang dimilikinya ;

HIGH END class, merupakan produk kelas atas dengan harga yang cukup mahal dan kualitas yang sangat baik.

- AMOREPACIFIC
- HERA
- Sulwhasoo

MIDDLE CLASS, merupakan produk kelas menengah dengan harga dan kualitas yang cukup baik.
- LIRIKOS
- Hyosia
- Verite
- Laneige
- IOPE
- MAMONDE
- Haneul
- TeenClear
- Primera

LOW END class, merupakan produk dari kelas paling bawah dengan harga yang relatif terjangkau dan kualitas sedang.
- Lolita Lempicka
- Etude House
- Odyssey
- MIRAEPA
- Innisfree
- Espoir
- Mise-en-Scène
- Castelbajac
- RYOE
- Annick Goutal
- Happy Bath
- Dantrol
- Median
- Songyeum
- Illi

Dengan pengelompokan di atas dapat kita simpulkan bahwa sebagai perusahaan besar, Amore Pacific berupaya memperluas bisnisnya dengan menjangkau setiap lapisan konsumen dan menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelompok konsumen di korea. Brand yang sangat populer di Indonesia seperti Etude House yang selama ini kita kenal dengan kesan manis, imut dan girly, ternyata di korea sendiri ditujukan bagi perawatan kulit remaja dan gadis muda yang menyukai penampilan natural dan ceria. Harga dari produk Etude House sendiri di korea relatif murah dan terjangkau bagi pelajar. Sedangkan Sulwhasoo yang baru mulai di kenal di Indonesia dengan kesan klasik dan elegan nyatanya telah lama menjadi brand yang sangat populer di korea. Sulwhasoo merupakan brand yang ditujukan bagi kebutuhan kulit wanita dewasa dengan kualitas produk yang terbaik dan harga yang cukup mahal. 

Lalu brand mana yang terbaik?

Sesungguhnya sulit untuk menentukan produk mana yang terbaik bagi setiap orang karena kebutuhan kulit yang berbeda-beda. Sebelum diproduksi masal secara umum suatu produk perawatan kulit tentunya telah diuji secara dematologi dan dinyatakan aman bagi kesehatan, di korea sendiri standar keamanan dan kelayakan dalam suatu produk kecantikan ditetapkan sangat tinggi, dengan seleksi yang sangat ketat dan uji kualitas setiap tahunnya oleh karena itu tidak mengherankan bila produk-produk kecantikan asal korea selain diproduksi dengan teknologi tinggi juga memiliki kualitas yang sangat bagus.

Sebagai brand dari Amore Pacific yang paling terkenal, Sulwhasoo tidak hanya populer di korea saja tetapi juga terkenal hingga ke dunia international. Dari segi kualitas Sulwhasoo memiliki segalanya yang tidak dimiliki brand lain. Berbahan dasar ramuan herbal alami dan mengangkat konsep keseimbangan merupakan jaminan dari Sulwhasoo untuk mendapatkan kecantikan yang sesungguhnya, tak heran jika brand ini menjadi sangat disukai di negara asalnya.

Setelah kita membahas panjang lebar mengenai perusahaan Amore Pacific dan produknya, tidak lengkap rasanya bila kita tidak membicarakan perusahaan yang menjadi saingan bisnisnya, yaitu LG Household and Health Care,

Sebagai perusahaan multinasional LG Corp memiliki banyak anak perusahaan, salah satu diantaranya adalah LG Household and Health Care yang bergerak di bidang produk kesehatan dan kecantikan. LG sendiri merupakan salah satu perusahaan terbesar di korea yang juga bermula dari perusahaan keluarga yang didirikan pada tahun 1947 oleh Koo In-Hwoi. LG Household and Health Care memiliki andil yang cukup dominan dalam industri skincare dan bisnis produk kecantikan di korea, setidaknya ada puluhan brand yang telah dikeluarkan perusahaan ini dan diantaranya sudah tidak asing lagi di telinga para penyuka skincare di Indonesia.
Berikut beberapa brand kecantikan keluaran dari LG:

HIGH END class
- The History Of Whoo
- Su:m37
- OHUI

MIDDLE class
- Isa Knox
- Belif
- MULE

LOW END class
- The Face Shop
- VOV

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, suatu brand yg laris di korea belum tentu juga menjadi brand terpopuler di Indonesia, begitu pula sebaliknya dan kedua perusahaan raksasa yang menguasai industri konsmetik di korea tersebut masing-masing memilki brand andalannya yang juga menjadi brand dengan penjualan tertinggi di korea yaitu Sulwhasoo dari Amore Pacific dan The History of Whoo dari LG. Persamaan dari kedua brand ini selain sama-sama menduduki kualitas kelas High End, keduanya juga memiliki harga yang sangat fantastis. Kedua brand ini juga menggunakan bahan-bahan herbal pilihan yang ditanam secara organic serta diramu berdasarkan resep tradisional  kecantikan korea. Produk yang mereka hasilkan juga diolah dengan teknologi nano sehingga skincare dari Sulwhasoo dan The Histori of Whoo memiliki penyerapan yang sangat baik dalam merawat kulit hingga ke lapisan kulit terdalam.

Tak jauh berbeda dengan Sulwhasoo yang mengadaptasi konsep keseimbangan Yin & Yang dalam menciptakan kesehatan dan kecantikan kulit, brand ini memadukan ramuan herbal oriental guna menciptakan kesehatan & keindahan alami kulit dalam menunjang kecantikan. Sedangkan dalam The History of Whoo, LG mengabadikan resep-resep rahasia kecantikan para permaisuri & keluarga kerajaan yang diproduksi ulang secara modern dengan bahan-bahan herbal alami dan menjadikannya sebuah skincare yang dipercaya menyimpan keajaiban kemudaan dan kecantikan warisan keluarga kerajaan korea.

Sebagai produsen yang terbilang masih baru di industri kecantikan korea, dalam upayanya  menyaingi populeritas Sulwhasoo yang terlebih dahulu diluncurkan pada tahun 1997, LG mempromosikan brand The History of Whoo secara besar-besaran. Semenjak diluncurkan pada tahun 2003, The History of Whoo telah menggunakan model terkenal Lee Young-Ae sebagai brand ambassadornya dan mempopulerkan kesan mewah nan elegan layaknya perawatan kecantikan seorang wanita bangsawan dalam setiap produknya.

Dalam strategi pemasarannya, LG mengemas The History of Whoo dengan kemasan nan elegan serta tampilan yang sangat mewah memjadikan brand ini dengan cepat melejit memasuki jajaran skincare papan atas korea dan mendapatkan sambutan yang sangat baik dari konsumen yang menyebut The History of Whoo sebagai pusaka warisan kerajaan.
Dalam mempromosikan produk-produknya, baik Amore Pacific maupun LG memiliki sebuah karalog resmi yaitu Hyang Jang yang merupakan katalog kumpulan dari produk keluaran Amore Pacific, dan L Story yang merupakan katalog dari LG. Di dalam kedua majalan katalog tersebut bermacam-macam produk dari brand-brand kecantikan korea ditampilkan secara terperinci.


The Quality

Bicara tentang kualitas mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa produk High End dan Low End kualitasnya bisa sangat berbeda dan apakah hasilnya juga akan kauh berbeda? Di sini saya akan mengajak anda untuk sedikit berlogika.

*Produk High End rata-rata harganya sangat mahal dikarenakan biaya produksi, teknologi yang dihunakan dan bahan-bahan yang digunakan juga mahal.
Contohnya Sulwhasoo dan The History of Whoo banyak produknya yang menggunakan bahan baku ginseng yang langka. Biaya pembibitan dan pembudidayaan dari bahan baku tersebut juga sangat mahal.

*Produk Low End rata-rata harganya sangat terjangkau
dikarenakan biaya produksinya murah, teknologi yang digunakan telah tersedia secara masal dan bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapatkan, oleh karena itu hasilnya pun sebanding dengan produksinya.

*Produk mahal rata-rata hasilnya lebih bagus, seperti halnya skincare yang diproses dengan teknologi nano hasilnya akan menyerap lebih sempurna dari pada produk yang lebih murah yang diproses dengan teknologi micro.

*Produk herbal jauh lebih aman dari pada produk berbahan chemical. Seperti yang sering kita dengar seruan Back to Nature, kita semua menyadari yang alamiah jauh lebih baik dan dunia kecantikan telah membuktikan banyak kasus korban produk berbahaya yang diakibatkan kandungan kimia dalam kosmetik. Bagaimana pun ekstrak herbal masih tetap lebih baik dibandingkan bahan buatan manusia yang dinyatakan paling aman sekalipun. 

Kesimpulannya ;

- Brand Low End : rata-rata memberikan hasil tampilan kulit yang halus,, Kenyal dan lembab hanya di permukaan.

- Brand Middle Class : rata-rata memberikan hasil keKenyalan dan kelembaban yang terasa sampai ke dalam lapisan kulit, menjadikan permukaan kulit terasa lembut, membuat komedo lebih mudah dibersihkan, membuat kulit tampak Bercahaya, dan mampu mengurangi kekusaman pada wajah.

- Brand High End : rata-rata memberikan hasil keKenyalan, menjaga kelembaban hingga ke lapisan kulit terdalam, melunakkan komedo yang sulit dibersihkan, menjadikan komedo dan jerawat tidak berbau, kulit tampak lebih bercahaya dari dalam dengan penampilan tekstur kulit yang lebih Halus dan terlihat licin bebas dari kekusaman.
 

41 comments:

  1. Sangat lengkap ulasan tentang Menggali lebih dalam SKINCARE KOREA ini, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca. salam kenal dan sekiranya berkenan, berkunjung ke toko Cream Pemutih Wajah kami ya. Semoga kedepannya kita bisa bekerjasama. Thanks

    ReplyDelete
  2. Kami menyediakan produk kecantikan Indonesia terbaik yang sangat aman untuk digunakan sehari-hari. KEZIA Skin Expert
    dibuat dari bahan-bahan alami tumbuhan berkualitas tinggi yang mampu
    merawat dan melindungi kulit wajah secara optimal. Dengan menggunakan
    paket perawatan kecantikan KEZIA secara rutin, anda akan merasakan
    perubahan pada kulit wajah anda yang menjadi lebih lembut, bersih, dan
    cerah merona sehingga wajah anda akan tampak lebih putih dan awet muda.

    Produk KEZIA Skin Expert adalah produk legal yang jelas
    terbuat dari bahan alami tumbuhan 100%, selain aman produk ini juga
    halal untuk digunakan. Semua produk-produk KEZIA telah terdaftar dan
    sudah memiliki nomor notifikasi BPOM, jadi tidak perlu ragu lagi untuk
    beralih ke produk perawatan kecantikan wajah alami yang berkualitas.

    TITI
    Pin BB 2B4BB3E0
    Call/Sms/WhatsApp +62818-622-589
    http://keziaskinexpertoriginal.com/

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Thank your so interested in Korean Cosmetics, I am very happy, if you wish to find more information especially BB cream, please go to
    www.facebook.com/what.is.bb.cream

    ReplyDelete
  5. Wow...keren..jadi paham ttg skincare dr korea, mata dah kriting cari skincare terbaik dari korea, tulisan ini very helpfull

    Waktuhujansore.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  6. sis kalau kulit berminyak pke yg skincare mana dari history who

    ReplyDelete
  7. say visit blog ku ya di naninannonno.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. artis korea kulitnya mulus2 :)
    apa sering pake skin care yak?
    http://www.bitebrands.co/2017/01/merek-brand-kosmetik-makeup-produk-kecantikan-korea-kbeauty.html

    ReplyDelete
  9. Bagus sih tapi katanya ada yg pake bahan baku minyak babi yg bagi kami muslim haram hukumnya #waswas

    ReplyDelete
  10. Bagus sih tapi katanya ada yg pake bahan baku minyak babi yg bagi kami muslim haram hukumnya #waswas

    ReplyDelete
  11. @Joen Hediana
    Semua produk the History of Whoo & Sulwhasoo 100% herbal (ginseng & medicine herb) no animals tested apa lagi bahan yang merugikan kesehatan seperti minyak babi. Tidak masuk akal juga minyak babi dimasukan dalam ingridient skincare.

    The History of Whoo diproduksi oleh LG & Sulwhasoo diproduksi oleh Amore Pasific, keduanya brand premium & sangat beresiko kalo produsen sebesar LG, Amore Pasific mengorbankan reputasi dengan penggunaan ingridient yang tidak layak dalam produknya.

    Perlu diketahui kalo lembaga pengawas produk di Korea sangat ketat & standar kelayakan di sana juga lebih tinggi, kalo ada produk yang tidak layak pasti ijin produksi & ijin edarnya pasti langsung dicabut.

    Semua ingridient produk The History of Whoo & Sulwhasoo bisa dicari di google & website official brand terkait. Semua data produk terbuka untuk diketahui konsumennya jadi gak ada yang katanya2 seperti yang sist bilang.

    Jangan mudah percaya info bohong sebelum cek sendiri kebenarannya Dari sumber yang terpecaya.

    ReplyDelete
  12. maksudnya bukan minyak babi..tapi lemak babi. Biasanya di glycerin diambil dari lemak hewani atau nabati. Nah untuk yang lemak hewani biasa diambil dari babi atau sapi

    ReplyDelete
  13. maksudnya bukan minyak babi..tapi lemak babi. Biasanya di glycerin diambil dari lemak hewani atau nabati. Nah untuk yang lemak hewani biasa diambil dari babi atau sapi

    ReplyDelete
  14. Dear sista, perlu saya jelaskan lagi, setiap brand skincare korea memiliki konsep yang berkaitan dengan ingredient nya. Brand The History of Whoo dan Sulwhasoo mengangkat konsep Oriental Traditional Herbs Skincare, jadi keseluruhan ingredient yang digunakannya berasal dari Herbal (ginseng & medicide herbs). Apabila di dalam produk terkandung bahan glycerin/ glycerol, besar kemungkinannya produk-produk The History of Whoo & Sulwhasoo menggunakan vegeteble glycerin yang berasal dari minyak sayur-sayuran. Vegetable glycerin tidak berbau dan tidak berwarna sehingga tidak mempengaruhi aroma produk, karena itu produk dari The History of Whoo dan Sulwhasoo memiliki aroma herbal yang kuat.

    Jika sista khawatir terhadap produk kosmetik/ skincare yang tidak halal, pastikan memilih produk herbal saja yang lebih aman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Maaf mba, saya senang bgt denger penjelasan dari mba. Soalnya saya baru beli innisfree sama etude house tapi lupa ngecek kehalalannya hehe
      Klw boleh tau mba glycerinnya bukan dari lemak babi mba tau dari mana ya mba? Soalnya saya nyari di internet tapi gk dpt2 hehe
      Mohon bantuannya, mba. Saya gak berpengalaman soal ginian
      Makasih mba🙏

      Delete
    3. Maaf mba, saya senang bgt denger penjelasan dari mba. Soalnya saya baru beli innisfree sama etude house tapi lupa ngecek kehalalannya hehe
      Klw boleh tau mba glycerinnya bukan dari lemak babi mba tau dari mana ya mba? Soalnya saya nyari di internet tapi gk dpt2 hehe
      Mohon bantuannya, mba. Saya gak berpengalaman soal ginian
      Makasih mba🙏

      Delete
    4. Maaf mba, saya senang bgt denger penjelasan dari mba. Soalnya saya baru beli innisfree sama etude house tapi lupa ngecek kehalalannya hehe
      Klw boleh tau mba glycerinnya gak dari lemak babi dari mana ya mba? Soalnya saya nyari di internet tapi gk dpt2 hehe
      Mohon bantuannya, mba. Saya gak berpengalaman soal ginian
      Makasih mba🙏

      Delete
  15. Wah, keren bgt penjelasannya mba. Jadi tau. Halal tdknya skincare. Makasih.mba

    ReplyDelete
  16. Kalo nature republic semua halal atau ada yg ga halal juga? Cause si doi kan dari bahan2 alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nature Republic rata-rata bagus & aman semua produknya. Bahannya alami & saya sudah dua kali mencoba Prodak Nature Republic puas dengan hasilnya. Ini sekarang jadi salah satu brand favorit saya untuk cleansing foam. Jadi jangan khawatir untuk mencoba juga ya, bisa beli Prodak Nature Republic di Created Beauty Shop.

      Delete
  17. Jom cuba produk Worldwide Furaiha dari Malaysia. Terjamin Halal dan bebas bahan kimia berbahaya. http://instagram.com/furaiha.beauty.skincare

    ReplyDelete
  18. Sis skinfood rice mask itu ada glycerin nya apakah dari vegetable glycerin atau gmn?

    ReplyDelete
  19. Laneige, the face shop, nature republic itu juga brand yg terkenal, tapi apakah itu benar" aman biat dikulit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brand skincare Korea itu ada tingkatan dan kelasnya, low brand, middle dan premium brand. Yang membedakan dari segi harga, kualitas dan segmentasi penggunaannya.
      The Face Shop & Nature Republic masuk dalam low brand, sedangkan Laneige masuk dalam middle brand, biasanya bisa dilihat dari kemasannya, pada brand Korea semakin tinggi kelasnya semakin mewah pula kemasannya.
      Dari segi tingkat keamanan, produk Korea punya standart kesehatan dan kualitas yang tinggi apalagi untuk produk perawatan dan kosmetik, semuanya telah melalui uji kosmeto dermatology yang dipastikan aman untuk kulit kesehatan kulit, hanya bahan-bahan tertentu kan tidak sama, jadi disarankan bagi yang memiliki jenis kulit sensitif sebaiknya memilih produk dari bahan alami/ herbal untuk menghindarkan kulit dari iritasi dan permasalahan kulit lainnnya.

      Delete
  20. Sk-II kenapa tdk masuk ke brand high end class ? Harganya juga mahal

    ReplyDelete
  21. Sk-II kenapa tdk masuk ke brand high end class ? Harganya juga mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. SK-II itu brand asal Jepang bukan Korea sis

      Delete
  22. Tp klo nature republic itu da no BPOM ny ga c?

    ReplyDelete
  23. Kalo skinfood itu halal ga ya? Saya baru coba pakai rice masknya..

    ReplyDelete
  24. Kalo skinfood itu halal ga ya? Saya baru coba pakai rice masknya..

    ReplyDelete
  25. bagaimana dengan innisfree? apakah semua bahan produknya itu vegan dan glycerin yg dipakai hewani apa nabati ya?

    ReplyDelete
  26. Benton dan cosrx apakah halal? Laneige juga apa halalkah?

    ReplyDelete
  27. bagaimana dengan innisfree apakah halal atau tidak ??please jawab ya aku bingun ini
    makasih

    ReplyDelete
  28. keren banget artikelnya. bole tolong dibantu dengan skin care jepang seperti SK-II? apa saja skin care jepang yang bagus? amankah penggunaan skin care jepang dicampur dengan skin care korea?

    ReplyDelete
  29. Kenapa agak susah ya cari komposisinya di web resmi sulwhasoo id? Saya agak ragu sis, soalnya sempet baca review beberapa beauty blogger slh satu varian the history of whoo ada yg pakai tanduk rusa. Mm berarti gak 100 persel herbal kan.. mohon pencerahan sis, soalnya mau cari yg bener2 vegan.. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ingin cari yang pure herbal saya sarankan untuk coba Yang sulwhasoo saja, ingridient produknya juga gampang di googling aja untuk cek kalo ada bahan yang menimbulkan alergi tertentu.

      Dari pengalaman beberapa pengguna sulwhasoo tidak banyak menimbulkan alergi dibandingkan pakai Whoo pada jenis kulit sensitif. Mengikuti standar produk di Korea sebenarnya 2 brand ini adalah yang paling bagus kualitasnya & paling aman jadi banyak di rekomendasikan untuk pemulihan kulit

      Delete
  30. Bener gak kalo kualitas odbo setara dengan SK-II? Aku diceritain sama orang koreanya langsung soalnya. Dan odbo termasuk kelas yg premium tapi lebih murah karna gak pake iklan. Sedangkan artis untuk iklas SK-II termasuk artis papan atas. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  31. Waaah...suka sama blog ini.
    penjelasannya lengkap dan keren sih pengetahuannya.
    Aku awalnya pake Innesfree.. terus ganti ke sulhwasoo karena ngerasa belom dapet efek apa apa dari pemakaian innesfree yang lagi booming juga di indo. sebelum pake produk korea aku pakenya krim dokter yang malah bikin ketergantungan dan hasilnya gak alami.

    Please lah di Indo ada gak sih produk serupa skincare korea kayak gitu..

    ReplyDelete
  32. Di Indonesia mulai booming Skin care organik seperti salah satunya brand Skin Dewi, kalau dipelajari karakteristik produknya ini sama seperti Whoo & Sulwhasoo 100% herbal organik, macam produknya juga mengikuti macam produk dalam skin care Korea. Tapi sayangnya harganya mahal untuk full size produk lokal kalo harganya jauh lebih mahal dari Sulwhasoo & hasil pemakaiannya belum banyak teruji dari review Yang tersedia, saya sendiri jadi meragukan dan lebih pilih untuk pakai Sulwhasoo Yang sudah teruji cocok, bagus hasilnya & harganya masih lebih terjangkau.

    ReplyDelete
  33. Kak ..kalo nature republic semua produknya halal ga sih kak..cari infonya dimana ya kak

    ReplyDelete

Popular Posts